Universal Testing Machine (UTM)

Universal Testing Machine (UTM) ini dikenal juga sebagai Testing Machine, Universal Tester, Materials Testing Machine atau Materials Test Frame merupakan sebuah alat uji yang sering digunakan dalam sebuah industri dan laboratorium yang ada di seluruh dunia ini untuk mengukur kekuatan yang ada pada sebuah material.

Dalam menggunakan UTM, kita pasti akan mengerti bagaimana suatu material akan melakukan suatu tindakan/respon terhadap tekanan, renggangan, dan beban tertentu. Bertujuan untuk menguji seberapa kuat dan awetnya dari suatu material, memberikan gambaran yang jelas pada kinerja suatu bahan dalam berbagai kondisi medan.

Komponen utama dari UTM adalah:

  • Load Cell
  • Engine Motor
  • Frame (Rangka)Universal Testing Machine (UTM)
  • Crosshead
  • Actuators
  • Control Panel
  • Software Pengontrol

Sedangkan Metode Universal Testing Machine (UTM) sendiri terbagi atas 2, yaitu:

  • Uji Tarik (Tensile Test)
  • Uji Tekan (Compression Test)

Sebagai alat uji global, UTM dapat digunakan dalam menguji berbagai jenis material, seperti material logam, plastik, karet, kayu, beton. UTM memiliki kemampuan dalam menghasilkan suatu data yang sangat akurat serta dapat diandalkan, memungkinkan seorang engineer  dan peneliti untuk mengambil suatu keputusan yang tepat berkaitan dengan pemilihan material di sebuah proyek-proyek kontruksi maupun di produksi.


Komponen Utama dan Fungsi yang terdapat pada Universal Testing Machine (UTM)

Dalam UTM ini terdapat beberapa komponen utama dan fungsi yang berperan penting dalam pengoperasian/penggerak dalam melakukan pengujian sebuah material:

  • Load Cell (Sel Beban): Merupakan sebuah sensor yang terdapat pada UTM yang berfungsi untuk melakukan pendeteksi dari suatu beban yang terdapat pada benda yang akan di uji tekanannya.
  • Engine Motor: Sebuah komponen yang terdapat pada UTM yang berfungsi sebagai pemberi daya yang diperlukan untuk melakukan pengujian pada sebuah material.
  • Frame (Rangka): Komponen utama yang berperan penting dalam menahan beban pada saat melakukan pengujian material karena mampu menjaga stabilitas dan kekuatan mesin selama pengujian material berlangsung.
  • Crosshead: Bergerak secara vertikal di dalam kerangka mesin uji. Tidak hanya itu, crosshead juga memiliki peran sebagai mekanisme penggerak yang berkemungkinan melakukan penggerakkan secara presisi dan terkendali
  • Actuators: Merupakan perangkat yang digunakan dalam menguji beberapa properti mekanis material, seperti uji tarik, uji tekanan, kekerasan dan elastisitas.
  • Control Panel: Merupakan bagian dari sebuah sistem yang menyediakan pengguna dalam mengontrol dan memantau terhadap berbagai perameter yang diuji.
  • Software Pengontrol: Berperan penting dalam mengatur, mengontrol dan merekam semua data-data yang terjadi selama proses pengujian berlangsung.

Bagaimana Metode dari Universal Testing Machine (UTM)?

UTM sendiri merupakan sebuah perangkat uji mekanik yang tentu saja untuk mengukur kekuatan dari sebuah material dengan menggunakan 2 metode, seperti Uji Tarik dan Uji Tekan. Berikut ini penjelasannya:Metode Universal Testing Machine (UTM)

  • Uji Tarik (Tensile Test): Material yang biasa dipakai dalam Uji Tarik ini merupakan material yang bersifat panjang, seperti Besi. Sistem kerjanya yaitu dengan meletakkan suatu material pada mesin uji UTM, lalu mesin tersebut akan melakukan gaya tarik terhadap sebuah material hingga putus. Dengan demikian parameter akan menampilkan sebuah angka yang merupakan data maksimal dari kekuatan pada sebuah material.
  • Uji Tekan (Compression Test): Dalam pengerjaan uji tekan, sebuah material akan diapit diantara 2 piringan datar/matriks. Lalu UTM akan meningkatkan sebuah tekanan secara perlahan sampai material tersebut mencapai batas dari tekanan yang diberikan oleh UTM. Dengan demikian parameter akan memunculkan sebuah angka dari hasil pengujian sebuah material. Dan kita bisa membandingkan wujud material dari sebelum maupun sesudah pengujian.

Parameter apa saja yang dimiliki Universal Testing Machine (UTM)?Parameter yang terdapat pada Universal Testing Machine

Dalam Universal Testing Machine (UTM) tentu saja memiliki beberapa parameter yang terkait didalamnya, apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

  • Force (Gaya): Merupakan Gaya yang diberikan dalam bentuk sebuah dorongan maupun tarikan terhadap sebuah benda. Pengukuran sebuah gaya diukur dalam unit Newtown (N) atau pound-force (lbf), yang bertujuan untuk mengukur responnya terhadap tekanan atau tarikan pada sampel yang diuji.
  • Stroke (Lintasan): Ini berfokus pada jarak/perpindahan yang dilakukan oleh ujung pengujian saat mengaplikasikan gaya pada material yang diuji. Diukur dalam satuan milimeter (mm) atau inci (in).
  • Strain (Renggangan): Perubahan dimensi yang terdapat pada suatu material yang disebabkan oleh penerapan gaya, yang dimana untuk mengukur seberapa banyak bahan uji yang meregang atau menyusut ketika diberikan sebuah tekanan.
  • Elongation (Pemanjangan): Berunjuk pada sebuah material yang diberikan gaya elastisitas, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh material tersebut akan meregang sebelum mencapai titik hancurnya material.
  • Bending (Pembengkokan): Suatu kegiatan yang terjadi saat benda tersebut dilakukan gaya tekan yang tidak sejajar dengan sumbu utamanya. Ini dapat mengukur kekuatan lentur atau kekuatan bahan dalam menahan tekanan pada material.
  • Widht (Lebar): Pada UTM, ini digunakan untuk mengukur distribusi gaya pada bahan uji serta untuk memastikan bahwa gaya tersebut diterapkan dengan merata.
  • Tichness (Ketebalan): Ketebalan merupakan sebuah dimensi tegak lurus (vertikal) dari material yang diuji. Ketebalan juga penting dalam menentukan sejauh mana material tersebut menahan beban yang diberikan secara vertikal.

Manfaat apa saja yang diperoleh dalam menggunakan Universal Testing Machine (UTM)

Dengan menggunakan UTM, tentu saja akan memperoleh manfaat yang sangat menguntungkan, terutama mampu mengukur kekuatan material dari suatu bahan, mampu melakukan pengujian dari suatu material, dan masih banyak keuntungan lainnya. Apa saja kah keuntungannya?

  • Evaluasi Kekuatan Material: Dalam mengevaluasi kekuatan yang terdapat pada sebuah material, UTM mampu untuk mengukur sejumlah kekuatan tarik, kekuatan tekanan pada suatu material.
  • Pengujian Material: UTM mampu melakukan pengujian material untuk menentukan karakteristik dari suatu mekanik, seperti modulus elastisitas, modulus geser, dan nilai kekerasan yang terdapat dalam material.
  • Verifikasi Kualitas: Mampu untuk melakukan pengujian kualitas secara sistematis, bertujuan untuk memastikan bahwa material yang akan diproduksi telah memenuhi standar.
  • Penelitian dan Pengembangan: Dengan melakukan pengujian sifat-sifat mekanik dari berbagai jenis material, peneliti mampu menyimpulkan mana material yang lebih kuat maupun lebih ringan.

Apa saja tantangan yang timbul dalam penggunaan Universal Testing Machine (UTM)

Universal Testing Machine (UTM) menjadi peran penting dalam sebuah bidang pengujian material, menimbulkan beberapa tantangan dalam pengguaannya, salah satunya yaitu:Tantangan Universal Testing Machine

  • Pemilihan Metode Pengujian yang Tepat: pemilihan pengujian yang tepat harus sesuai dengan sifat material yang akan diuji. Kesalahan dalam penetapan metode dapat menghasilkan sebuah data yang tidak akurat.
  • Kondisi terhadap Benda yang Diuji: Kondisi awal yang terdapat pada suatu material yang akan diuji dapat memengaruhi hasil dalam pengujian. Variasi dalam komposisi materialnya, struktur mikronya, dan juga keadaan permukaan dari suatu material. Itu semua akan mempengaruhi hasil dari uji material tersebut.
  • Perawatan: Diperlukan untuk melakukan perawatan yang rutin dalam menjaga kinerja mesin dan mencegah kegagalan dalam peralatan.
  • Kapasitas Mesin: Dalam pemilihan benda uji atau pengaturan mesin, itu harus sesuai dengan kapasitas mesin yang dimiliki. Apabila tidak sesuai dengan kapasitas mesin, akan menyebabkan kegagalan atau kerusakan pada peralatan.
  • Biaya: Dengan sistem dari alat yang canggih, tentu juga akan mempengaruhi biaya dalam memiliki dan merawat UTM tersebut. Karena hal itu, menjadi hambatan bagi beberapa laboratorium maupun organisasi yang membutuhkan UTM.

Universal Testing Machine (UTM) adalah perangkat uji material penting dalam rekayasa dan industri. Didesain untuk melakukan berbagai pengujian material dan menentukan sifat mekanisnya, seperti kekuatan tarik, tekan, kekerasan, dan elastisitas. UTM fleksibel dalam penelitian dan pengembangan material, mampu menangani berbagai bahan dari logam hingga polimer. Hasil pengujian UTM dapat diandalkan untuk desain produk, kontrol kualitas, dan keamanan material. Keberadaan UTM krusial dalam memahami karakteristik material, mendukung inovasi teknologi, dan memastikan keandalan produk di berbagai aplikasi industri.


Informasi Lebih Lanjut :

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *