Building Automation

Building Automation System (BAS) dan BMS memang terdengar memiliki fungsi yang sama, tetapi pada dasarnya 2 penyebutan ini memiliki perbedaan definisi dan tujuan, berikut kita akan lebih berfokus membahas tentang Building Automation System


Mengenal Perbedaan BAS dan BMS

Perbedaan BAS dan BMS

Secara defenisi “Building Automation System (BAS) adalah sistem yang bertanggung jawab untuk mengotomatiskan dan mengontrol fungsi-fungsi teknis dalam suatu gedung atau fasilitas.”

Serta bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan kenyamanan penghuni dengan mengotomatiskan proses-proses seperti kontrol suhu, pencahayaan, keamanan, dan sistem-sistem lainnya. Sistem ini menggunakan sensor, kontroler, dan perangkat otomatisasi untuk memantau dan mengendalikan berbagai aspek gedung.

Sedanglan defenisi dari BMS, juga dikenal sebagai Energy Management System (EMS) atau Building Automation and Control System (BACS), adalah sistem terpusat yang dirancang untuk mengelola dan mengontrol berbagai fasilitas dalam suatu gedung atau bangunan.”

Baca Juga : Artikel tentang BMS


Layanan Pemasangan Building Automation Solutions, Klik Disini >>>


Fokus Utama dan Fungsi Utama BAS

Fokus Utama Building Automation System (BAS)

Building Automation System (BAS), memiliki fokus utama pada otomatisasi fungsi teknis dalam suatu gedung atau fasilitas. Tujuannya adalah mengoptimalkan operasi sistem-sistem teknis seperti pencahayaan, pemanasan, ventilasi, dan pendinginan secara otomatis. Dengan mengimplementasikan kontrol otomatis, BAS bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan penghuni gedung.

Selain itu, BAS juga dikenal karena kontribusinya dalam peningkatan efisiensi energi dengan mengatur penggunaan sumber daya berdasarkan kebutuhan aktual, yang pada gilirannya dapat mengurangi biaya operasional dan dampak lingkungan.

Fungsi Utama Building Automation System (BAS)

Fungsi utama BAS melibatkan monitoring dan pengukuran berbagai parameter lingkungan serta kinerja sistem dalam gedung. Sensor-sensor yang terpasang memantau suhu, kelembaban, kualitas udara, dan parameter lainnya untuk memberikan data yang akurat. Pengendalian otomatis menjadi inti dari fungsi BAS, dengan kemampuannya mengatur suhu ruangan, pencahayaan, dan ventilasi sesuai kebutuhan. Selain itu, BAS memiliki peran penting dalam mengintegrasikan sistem keamanan, seperti pengawasan CCTV dan akses pintu, menciptakan solusi keamanan yang terpusat dan efisien.

BAS juga mendukung konsep pemeliharaan prediktif dengan memonitor kinerja peralatan dan sistem. Informasi yang dikumpulkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi kerusakan atau kegagalan sebelumnya, yang pada gilirannya dapat mengurangi waktu henti dan biaya pemeliharaan. Selain itu, BAS memainkan peran dalam manajemen data dan pelaporan dengan mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data operasional dari berbagai sistem. Kemampuan ini memberikan wawasan yang diperlukan untuk mengoptimalkan operasi gedung secara menyeluruh.

Dengan fokus pada otomatisasi, pengendalian, dan integrasi sistem teknis, Building Automation System (BAS) menjadi tulang punggung dalam mewujudkan gedung-gedung cerdas yang efisien dan nyaman bagi penghuninya.


Penerapan Building Automation System (BAS)

Bangunan Building Automation

Building Automation System (BAS) memiliki aplikasi luas dalam berbagai jenis gedung dan fasilitas, menyediakan solusi yang dapat diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari berbagai industri. Beberapa penggunaan umum dari BAS meliputi:

  • Gedung Perkantoran
    BAS digunakan secara luas dalam gedung perkantoran untuk mengoptimalkan lingkungan kerja. Ini mencakup kontrol suhu ruangan, penyesuaian pencahayaan, dan pengelolaan sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning) untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas karyawan.
  • Industri Manufaktur
    Dalam lingkungan industri, BAS dapat mengotomatiskan proses-proses produksi, mengatur suhu di dalam pabrik, dan mengelola penggunaan energi. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya produksi.
  • Fasilitas Kesehatan
    Gedung rumah sakit dan pusat kesehatan menggunakan BAS untuk mengontrol suhu dan kelembaban ruangan, serta memantau dan mengelola sistem keamanan dan akses pintu. Ini mendukung lingkungan yang aman dan nyaman untuk pasien dan staf.
  • Pusat Perbelanjaan dan Hiburan
    Pusat perbelanjaan dapat memanfaatkan BAS untuk mengatur pencahayaan dan pendinginan sesuai dengan jumlah pengunjung. Selain itu, sistem ini dapat membantu dalam manajemen parkir dan keamanan.
  • Pendidikan (Kampus Universitas)
    Kampus universitas sering menggunakan BAS untuk mengelola gedung-gedung akademis dan fasilitas lainnya. Ini mencakup kontrol suhu dalam kelas, pengaturan pencahayaan, dan integrasi keamanan kampus.
  • Hotel dan Industri Perhotelan
    Dalam industri perhotelan, BAS dapat digunakan untuk mengelola kenyamanan tamu dengan mengontrol suhu kamar, pencahayaan, dan sistem audiovisual. Ini juga membantu dalam pengelolaan energi dan pemeliharaan fasilitas.
  • Pusat Data (Server Building)
    Pusat data memanfaatkan BAS untuk mengatur suhu dan kondisi lingkungan untuk menjaga kinerja optimal peralatan komputasi. Sistem ini juga membantu dalam pemantauan dan manajemen daya.
  • Gedung Pemerintah
    Gedung-gedung pemerintah dapat menggunakan BAS untuk mengontrol dan mengelola berbagai sistem teknis, termasuk pencahayaan, pemanasan, ventilasi, dan keamanan, guna meningkatkan efisiensi dan pengelolaan sumber daya.

Penggunaan BAS bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dari masing-masing gedung atau fasilitas. Dengan mengintegrasikan otomatisasi dan kontrol, BAS membantu menciptakan lingkungan yang efisien, aman, dan nyaman di berbagai sektor industri.


Kelebihan BAS dari BMS

Building Automation System (BAS) dan BMS memiliki perbedaan fokus dan fungsi, dan kelebihan keduanya bisa bergantung pada kebutuhan spesifik dari suatu proyek atau gedung. Berikut adalah beberapa kelebihan khusus dari BAS dibandingkan dengan BMS:

  1. Fungsi Teknis yang Lebih Maksimal
  2. Peningkatan Efisiensi Energi yang Lebih Terfokus
  3. Kemampuan Integrasi Teknologi yang Lebih Kuat
  4. Pemeliharaan Prediktif yang Lebih Efektif
  5. Kontrol Keamanan yang Lebih Terintegrasi
  6. Fleksibilitas Lebih Tinggi dalam Penyesuaian Sistem

Kelebihan-kelebihan tersebut menunjukkan bahwa Building Automation System (BAS) lebih difokuskan pada kontrol otomatis dan optimasi fungsi teknis dalam gedung, sedangkan BMS lebih melibatkan aspek manajemen fasilitas secara keseluruhan. Pemilihan antara keduanya akan bergantung pada prioritas dan kebutuhan spesifik dari suatu proyek atau gedung.


Dalam kesimpulan, dapat disimpulkan bahwa meskipun BMS dan Building Automation System (BAS) memiliki perbedaan fokus dan fungsionalitas, pada dasarnya keduanya bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan gedung atau fasilitas. Keduanya melibatkan otomatisasi dan kontrol untuk menciptakan lingkungan yang efisien, nyaman, dan aman.

Sementara BMS lebih menekankan pada manajemen fasilitas secara menyeluruh, termasuk pengelolaan sumber daya dan kenyamanan penghuni, BAS lebih terfokus pada otomatisasi fungsi teknis seperti pengaturan suhu, pencahayaan, dan sistem HVAC. Meskipun terdapat perbedaan fokus, keduanya seringkali digunakan secara bersamaan atau istilah-istilah tersebut dapat digunakan bergantian, tergantung pada wilayah geografis dan industri tertentu.

Baca Juga : Artikel tentang BMS

Penting untuk diingat bahwa pilihan antara BMS dan BAS tergantung pada kebutuhan spesifik gedung atau fasilitas. Dalam beberapa kasus, integrasi kedua sistem dapat memberikan solusi yang optimal, memadukan manajemen fasilitas yang komprehensif dengan kontrol teknis yang presisi. Sebagai hasilnya, pemahaman mendalam tentang tujuan dan kebutuhan proyek sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengimplementasikan sistem pengelolaan dan otomatisasi gedung.


Layanan Pemasangan Building Automation Solutions, Klik Disini >>>


Informasi Pelayanan BMS:

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

 

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *