BMS pada Kesehatan

Penggunaan BMS telah menjadi sebuah terobosan yang mendasar dalam industri medical dan kesehatan. BMS adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mengontrol, mengawasi, dan mengelola berbagai aspek dalam suatu bangunan. Meskipun istilah ini mungkin belum begitu dikenal di kalangan masyarakat umum, dampaknya yang luar biasa dalam menjaga kenyamanan, keamanan, dan efisiensi operasional gedung telah merambah secara signifikan dalam dunia kesehatan dengan pengunaan BMS pada Kesehatan dan Medical.

Industri medical dan kesehatan merupakan sektor yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu, kelembaban, kebersihan udara, serta manajemen energi. Ketidakstabilan dalam faktor-faktor ini dapat berdampak serius pada pasien, peralatan medis, dan operasional rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Inilah di mana BMS hadir sebagai penyelamat, memungkinkan pengelolaan yang lebih efektif dan terintegrasi dari semua aspek yang terlibat dalam menjaga fasilitas kesehatan beroperasi dengan baik.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat penting dari penggunaan BMS dalam konteks industri medical dan kesehatan. Dari efisiensi energi hingga kontrol suhu yang ketat, BMS membantu menciptakan lingkungan yang aman dan optimal untuk pasien, staf medis, serta peralatan medis yang sangat penting. Mari kita selami lebih dalam bagaimana BMS berperan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sambil mengurangi biaya operasional.


Apa Sih Manfaatnya Bagi Gedung Kesehatan dan Medical?

Penggunaan BMS pada bangunan industri di bidang medical dan kesehatan memberikan sejumlah manfaat yang krusial, diantaranya manfaat tersebut ialah sebagai berikut –

Manfaat BMS

Kontrol Suhu dan Kelembaban yang Presisi

BMS memungkinkan pemantauan dan pengaturan suhu dan kelembaban secara otomatis. Dalam lingkungan medis, suhu dan kelembaban yang tepat sangat penting untuk menjaga kenyamanan pasien dan menjaga kualitas obat-obatan serta peralatan medis yang peka terhadap perubahan suhu.

Menjaga Kebersihan Udara

BMS membantu mengendalikan kualitas udara di ruangan. Sistem ini dapat memantau dan mengatur sirkulasi udara, pemurnian, serta peningkatan sirkulasi udara segar. Ini sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi dan memastikan lingkungan yang sehat untuk pasien dan staf medis.

Keamanan dan Perlindungan

BMS memungkinkan pemantauan keamanan bangunan secara terus-menerus. Ini termasuk pemantauan kebocoran gas, pemadaman otomatis jika terdeteksi asap, pengendalian akses ke ruangan tertentu, dan pemantauan sistem keamanan yang lebih canggih. Semua ini bertujuan untuk memberikan perlindungan ekstra bagi pasien dan fasilitas.

Efisiensi Energi

BMS membantu mengurangi konsumsi energi dengan mengatur pencahayaan, sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), dan peralatan elektronik lainnya. Ini tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga membantu mengurangi dampak lingkungan dengan mengurangi emisi karbon.

Pencegahan Masalah Operasional

Sistem BMS dapat memantau kinerja peralatan dan sistem teknis. Hal ini memungkinkan deteksi dini masalah potensial dan pemeliharaan preventif, sehingga mengurangi gangguan operasional yang dapat berdampak pada pelayanan kesehatan.

Pemantauan Konsumsi Air dan Energi

BMS dapat memantau dan mengontrol konsumsi air, gas, dan listrik. Ini membantu identifikasi konsumsi yang tidak efisien dan memberikan laporan yang dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih bijak terkait efisiensi sumber daya.

Integrasi Sistem

BMS memungkinkan integrasi sistem-sistem yang berbeda dalam bangunan kesehatan, seperti sistem keamanan, sistem komunikasi, dan sistem manajemen perawatan. Hal ini menciptakan pengelolaan yang lebih terpadu dan efisien.

Dengan segala manfaat ini, BMS memainkan peran penting dalam menjaga operasional yang mulus, lingkungan yang aman, dan pelayanan kesehatan yang unggul di fasilitas medis dan kesehatan.


Dimana Sih Penerapannya?

Penerapan Building Management Sistem (BMS) pada Sektor Medical/Kesehatan dapat diterapkan pada bangunan bangunan yang memerlukan penggunaan Sistem BMS ini, dantara bangunan yang penting melakukan penerapan ini diantaranya –

BMS pada Kesehatan

Beberapa Bangunan Medical dan Kesehatan yang cocok untuk menerapkan penggunaan BMS :

  1. Rumah Sakit
  2. Puskesmas
  3. Klinik Kesehatan
  4. Fasilitas Perawatan Jangka Panjang
  5. Laboratorium Medis
  6. Fasilitas Penelitian Medis

Dalam semua jenis gedung kesehatan dan medical ini, penggunaan BMS membantu menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan efisien. Hal ini juga memungkinkan penghematan energi dan sumber daya, serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien dan pasien yang dirawat.


Dalam industri medical dan kesehatan, penggunaan BMS membawa sejumlah manfaat penting. BMS membantu mengontrol suhu, kelembaban, kebersihan udara, serta aspek keamanan bangunan dengan presisi, memberikan lingkungan yang optimal bagi pasien, staf medis, dan peralatan medis yang sangat sensitif. Selain itu, BMS juga berkontribusi pada efisiensi energi, pemeliharaan preventif, dan pengelolaan yang lebih terpadu.

Jenis gedung kesehatan yang cocok untuk penggunaan BMS termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, fasilitas perawatan jangka panjang, laboratorium medis, dan fasilitas penelitian medis. Dalam semua konteks ini, BMS membantu meningkatkan kualitas pelayanan, menjaga keamanan, dan mengurangi biaya operasional, sekaligus mendukung tujuan berkelanjutan.

Dengan demikian, penggunaan BMS dalam industri medical dan kesehatan merupakan langkah yang cerdas untuk memastikan operasional yang mulus dan lingkungan yang aman, memenuhi kebutuhan pasien, serta mendukung perawatan kesehatan yang berkualitas.


Informasi Pelayanan BMS :

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

 

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *