Industri BMS

Apa Sih BMS itu? dan Apa Kegunaanya?

BMS, juga dikenal sebagai Building Automation System (BAS) atau Building Control System (BCS), adalah sistem otomatisasi yang dirancang untuk mengendalikan dan mengelola berbagai sistem dalam sebuah bangunan. BMS bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan operasional bangunan Banyaknya kebutuhan atas BMS, Industri yang memerlukannya juga semakin banyak.

Kegunaan utama BMS adalah mengintegrasikan dan mengotomatisasi sistem-sistem seperti pemanasan, ventilasi, pendinginan, pencahayaan, keamanan, dan pemadam kebakaran dalam satu platform terpusat. Ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengendalikan berbagai aspek bangunan secara efisien. BMS dapat mengatur suhu dan kelembaban secara otomatis, mengoptimalkan pencahayaan berdasarkan kondisi cuaca dan waktu, dan memastikan penggunaan energi yang efisien.

Selain itu, BMS juga berperan penting dalam manajemen keamanan bangunan. Ini dapat memantau sistem keamanan, seperti kamera pengawas, akses pintu, alarm kebakaran, dan detektor asap, serta memberikan respons cepat dalam situasi darurat. Sistem ini juga dapat mencatat data historis untuk analisis dan perencanaan masa depan, membantu pemilik bangunan untuk membuat keputusan yang lebih baik terkait pemeliharaan dan penggunaan sumber daya.


Dengan Pentingnya Penggunaan Jasa BMS, Secara garis besar, terdapat tiga kelompok industri utama yang memerlukan jasa BMS, Indsutri tersebut anatara lain ialah, Komersil/Perkantoran, Manufaktur dan Pabrik, Serta Kesehatan/Fasilitas Medis, selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut dari Industri yang menggunakan jasa BMS.

Komersial dan Perkantoran

Industri komersial dan perkantoran merupakan salah satu sektor utama yang sangat memerlukan jasa BMS dalam operasional harian mereka. Dalam sektor ini, BMS memiliki peran penting dalam mengotomatisasi dan mengelola berbagai aspek bangunan dengan tujuan untuk mencapai efisiensi energi, kenyamanan, dan keamanan bagi penghuni serta pengelola.

Industri Komersil

Beberapa jenis bangunan yang termasuk dalam sektor komersial dan perkantoran adalah:

  1. Gedung Perkantoran,
  2. Pusat Perbelanjaan
  3. Hotel
  4. Pusat Konvensi
  5. Apartemen dan Gedung Apartemen
  6. Sekolah dan Universitas
  7. Gedung Parkir

Sistem BMS memungkinkan pengelola bangunan untuk mengoptimalkan operasionalnya, mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu, dan meningkatkan kenyamanan penghuni. Hal ini sangat penting dalam sektor komersial dan perkantoran, di mana efisiensi operasional dapat berdampak signifikan pada biaya dan pengalaman pengguna.


Manufaktur dan Pabrik

Sektor manufaktur dan industri adalah kelompok lainnya yang sangat memerlukan jasa BMS dalam operasional harian mereka. Dalam sektor ini, BMS memiliki peran penting dalam mengotomatisasi dan mengelola berbagai aspek fasilitas industri dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, keselamatan, dan penggunaan energi yang bijak.

Indsutri Manufaktur

Berikut beberapa contoh fasilitas dalam sektor manufaktur dan industri yang memerlukan BMS:

  1. Pabrik Manufaktur
  2. Gudang Logistik
  3. Pabrik Farmasi
  4. Pabrik Makanan dan Minuman
  5. Fasilitas Energi dan Utilitas

BMS di sektor manufaktur dan industri membantu mengoptimalkan proses produksi, menjaga kondisi lingkungan yang tepat, serta mengurangi risiko kecelakaan dan gangguan operasional. Hal ini sangat penting karena efisiensi dan keselamatan di industri ini berkaitan erat dengan produktivitas dan biaya. BMS memungkinkan kontrol yang lebih baik terhadap berbagai parameter penting di fasilitas ini.


Kesehatah dan Fasilitas Medis

Fasilitas medis dan kesehatan adalah sektor lain yang sangat memerlukan jasa BMS dalam operasional harian mereka. Dalam sektor ini, BMS memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan perawatan kesehatan, baik bagi pasien maupun staf medis. BMS membantu mencapai efisiensi operasional, kebersihan, dan keamanan yang sangat penting dalam lingkungan medis yang sangat terkendali.

Industri Kesehatan

Beberapa fasilitas yang memerlukan BMS di sektor ini meliputi:

  1. Rumah Sakit
  2. Klinik Medis
  3. Pusat Penelitian Medis
  4. Rumah Perawatan Lanjut Usia
  5. Fasilitas Laboratorium Kesehatan

Dalam lingkungan medis, BMS membantu menjaga keamanan pasien dan staf, serta mendukung upaya pengobatan dan penelitian. Kualitas udara, suhu, dan kebersihan yang baik sangat penting untuk menghindari penyebaran infeksi dan memastikan kondisi yang sesuai dengan perawatan medis yang efektif. Oleh karena itu, BMS adalah alat yang sangat penting dalam fasilitas kesehatan.


Secara keseluruhan, BMS adalah alat yang berperan sentral dalam mengelola berbagai aspek bangunan di berbagai industri. Tujuannya adalah mencapai efisiensi operasional, meningkatkan kenyamanan, serta memastikan keamanan bagi penghuni atau pengguna fasilitas. Meskipun kebutuhan dan fungsinya dapat bervariasi sesuai dengan sektor industri yang berbeda, BMS memainkan peran yang tak tergantikan dalam mendukung operasional yang efisien dan berkelanjutan.


Informasi Pelayanan BMS :

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *