Taharica.co.id – Pada tanggal 8-10 Februari 2022 PT. Testindo melakukan Loading Test / Vibration Test terhadap Jembatan LRT Dukuh Atas dengan menggunakan Sensor Accelerometer yang bertujuan untuk mengukur getaran yang terjadi pada gaya vertikal, horizontal maupun transversal serta mengetahui  kondisi struktur jembatan LRT tersebut, dan Vibration Test dengan Sensor Accelerometer ini adalah solusinya. Vibration test menggunakan sensor Accelerometer sendiri bertujuan untuk mengukur getaran yang terjadi pada beban maksimum suatu struktur dan memastikan keamanan dari suatu struktur.

Dimulai dari pemasangan alat ANCO MK-139-10 ECCENTRIC MASS VIBRATOR SYSTEM yang digunakan untuk menghasilkan getaran dengan tingkat frekuensi yang berbeda. Setelah dikoneksikan dengan Drive ABB dimana kabel drive dipasangkan ke motor sebagai perantara antara Mesin tersebut dengan Drive ABB.

Setelah melakukan pemasangan dan pengaturan pada 3 Komponen tersebut, selanjutnya mulai memasangkan Sensor Accelerometer yang digunakan untuk mengukur getaran yang terjadi pada gaya vertikal, horizontal maupun transversal sehingga dapat ditangkap dan dihitung melalui aplikasi yang digunakan secara langsung di lapangan.

Diatas merupakan alat yang digunakan saat pengujian Loading Test Jembatan di Stasiun LRT Dukuh Atas.

loading test

Yang dilakukan setelah melakukan pemasangan sensor Accelerometer adalah Pengujian langsung Loading Test.

stasiun lrt

Proses Uji Loading Test ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat struktur jembatan LRT Dukuh Atas saat dilintasi Kereta Api nantinya.

loading test

 

Jadi diatas merupakan salah satu contoh nilai dan grafik yang dihasilkan dari Pengujian Loading Test tersebut, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi FOVDAR.

Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk solusi bagaimana cara melakukan diagnosa getaran pada mesin, memiliki pemahaman serta mampu untuk menyimpulkan hasil dari getaran tersebut, dan menemukan solusi pada berbagai macam masalah yang terjadi akibat getaran/gelombang yang dihasilkan.

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *