Untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya auditor dan calon auditor agar mampu melakukan pendampingan pelaksanaan kegiatan pembangunan Bangunan Gedung Negara (BGN) yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DISPERKIM) Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Pelatihan Struktur Bangunan Gedung. Pelatihan yang ditujukan bagi auditor, calon auditor, dan Pejabat Struktural yang membidangi Pembinaan Auditor tersebut, yang bertempat di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Tujuan diselenggarakannya Pelatihan Struktur Bangunan Gedung yang digelar pada tanggal 17-19 November 2021 ialah agar para auditor dapat memahami semua UU Konstruksi Bangunan khususnya dalam struktur bangunan gedung, memiliki pemahaman persyaratan teknis keandalan bangunan, memiliki pemahaman tentang penilaian kelayakan bangunan, dan bisa menjadi nilai tambah kompetensi yang dimiliki dan diharapkan dapat menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Kegiatan ini adalah pelatihan yang diadakan secara offline. Setiap narasumber akan menyampaikan materinya menggunakan power point, kemudian moderator memberikan sesi Tanya Jawab kepada para peserta pelatihan. Adanya demo alat yang dilakukan oleh salah satu narasumber dari PT. Testindo sebagai bentuk instrumentasi dalam perkembangan IPTEK di dunia konstruksi.

Pelatihan ini dipandu oleh Tim dari DISPERKIM Provinsi Sumatera Selatan dengan berbagai topik mengenai dunia konstruksi khususnya struktur bangunan gedung yang dibawakan oleh narasumber berpengalaman dibidangnya. Berikut beberapa tema dan materi yang disampaikan dalam pelatihan:

  • Demo Alat Pengujian
  • SNI 1726:2019 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung
  • Perencanaan DED Dalam Bangunan Gedung
  • Assessment Visual Bangunan
  • Loading Test Pada Bangunan
  • Non Destructive Test (NDT) dan Destructive Test (DT) Pada Bangunan Eksisting
  • Analisis Struktur Bangunan Eksisting
  • Aplikasi SNI 2847:2019 Pada Bangunan
  • Perkuatan Struktur Bangunan
  • Studi kasus Audit Struktur Bangunan
  • Analisis Biaya Pembangunan Gedung Negara

Sehari sebelum dilaksanakannya pelatihan ini, para peserta pelatihan yang baru saja sampai di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, akan dilakukan tes swap antigen sebelum melakukan check in untuk kamar hotel.

Swap Antigen Sehari Sebelum Pelatihan Dimulai

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas dan Kawasan Permumkiman Provinsi Sumatera Selatan dan penyerahan plakat dari pihak PT. Testindo kepada DISPERKIM.

Penyerahan Plakat dari PT. Testindo kepada pihak DISPERKIM

Lalu dilanjutkan dengan demonstrasi alat pengujian UPV atau Ultrasonic Pulse Velocity Test oleh Zulfikri dan juga Abdul Latif dari PT. Testindo, dapat dijelaskan bahwa alat tersebut dapat digunakan untuk untuk menentukan kuat tekan pada sebuah beton.

Demonstrasi Alat UPV Test Oleh Abdul Latif dan Zulfikri dari PT. Testindo

Setelah proses demonstrasi alat selesai, acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai perencanaan DED dalam bangunan dan juga gedung oleh Ir. Rozirwan, yang mana beliau adalah seorang pakar struktur.

Hari pertama ditutup dengan persentase tentang Assesment Visual Bangunan oleh Qodri Sihotang, S.T., M.T. dari PT. Testindo.

Persentasi Oleh Qodri Sihotang dari PT. Testindo

Acara dihari kedua dibuka dengan persentase mengenai Loading Test Pada Bangunan yang disampaikan oleh Zulfikri, S.E dari PT. Testindo. Pada persentase ini juga diadakan sesi tanya jawab, namun tidak banyak peserta yang mau bertanya. Maka sesi dilanjutkan dengan Presentasi tentang Non-Destructive Test (NDT) dan Destructive Test (DT) Pada Bangunan Eksisting oleh Qodri Sihotang, S.T., M.T. dari PT. Testindo, singkatnya persentase ini bertujuan untuk menambah wawasan para peserta mengenai pengujian NDT dan juga DT pada bangunan eksisting.

Selesai sesi kedua yang disampaikan oleh Qodri Sihotang, S.T., M.T, para seluruh peserta beserta jajaran panitia diperkenankan untuk ISHOMA.

Selesai ISHOMA, acara dilanjutkan dengan persentase mengenai Analisis Struktur pada Bangunan Gedung yang disampaikan oleh Eddy Ristanto, S.T., M.T., lalu dilanjutkan dengan Presentasi tentang Aplikasi SNI 2847:2019 Pada Bangunan oleh Meiborn Simanjuntak, yang mana pada sesi ini para peserta sedikit lebih fresh, karena pembawaan materi yang menarik dari Meiborn Simanjuntak.

Acara dihari kedua ditutup dengan Presentasi tentang Studi Kasus Audit Struktur Bangunan oleh Qodri Sihotang, S.T., M.T. Serta dilakukan sesi foto bersama antara para narasumber, panitia dan juga para pembicara acara.

Sesi Foto Bersama di Hari Terakhir Pelatihan Struktur Bangunan Gedung

Hari terkahir pelatihan di Hotel Swarna Dwipa Palembang dibuka dengan Presentasi tentang Analisis Biaya Pembangunan Gedung Negara oleh Dr. Ir. K. M. Aminuddin, S.T., M.T. (Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Lingkungan DISPERKIM Provinsi Sumatera Selatan). Lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan juga pembagian soal kepada para peserta. Setelah itu acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *