Building Automation System Indonesia

Pemakaian Sistem Otomasi Bangunan atau Building Automation System (BAS) sebuah ide yang cemerlang serta telah menjadi semakin popular di Indonesia. BAS digunakan untuk melakukan aktivasi otomatis dalam berbagai fungsi disebuah bangunan, seperti sistem pencahayaan, pengaturan suhu udara, keamanan dan lainnya.

BAS Indonesia berfungsi sebagai otak pintar dalam mengelola sistem disebuah bangunan, dan memberikan kemampuan untuk mengendalikan seluruh aspek yang ada melalui satu induk/platform sentral. Bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja bangunan secara keseluruhan. BAS ini bukan hanya memudahkan pengelolaan sehari-hari, melainkan juga mampu menghasilkan sebuah data yang berharga untuk dianalisis dalam jangka panjang


Namun, apa saja yang menjadi Keuntungan Utama dalam Pemakaian BAS di Indonesia?

Keuntungan Utama Pemakaian BAS di Indonesia

Salah satu keuntungan yang sangat terlihat dari penggunaan BAS ini adalah keahliannya dalam mengoptimalkan penggunaan energi. Dalam pengaruh global terhadap isu perubahan iklim yang berkelanjutan, BAS menjadi alat yang paling rekomended dalam membantu bangunan menjadi lebih Pintar dan ramah lingkungan.

Penggunaan sensor-sensor pintar dalam sistem ini memungkinkan bahwa pengelola bangunan mampu mengontrol dan memantau konsumsi energi secara real-time, sehingga dapat mengetahui potensi dalam penghematan energi.

Selain itu, dengan perkembangan teknologi dimasa ini, BAS di Indonesia juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan (Ai) dan Machine Learning. Ini memungkinkan sistem untuk belajar dari pola penggunaan dan merespon secara dinamis terhadap perubahan kebutuhan.

Implementasi BAS di Indonesia juga didorong oleh sebuah kebutuhan untuk meningkatkan keamanan di sekitar bangunan. Sistem keamanan yang terintegrasi seperti penggunaan kartu pintar, mampu memungkinkan pengelola bangunan untuk memantau dan mengontrol akses ke berbagai area yang ada.

Dengan ini tidak hanya memberikan perlindungan yang lebih baik, melainkan juga melindungi penghuni yang ada di sebuah bangunan dari sebuah ancaman keamanan, tetapi juga mampu meningkatkan efisiensi manajemen keamanan.


Perlu untuk diingat bahwa implementasi BAS terdapat sebuah hambatan, apa saja kah itu?

Hambatan dalam mengimplementasi BAS

Terdapat beberapa alasan serta hambatan yang pada umumnya terjadi apabila ingin melakukan penerapan BAS, diantaranya yaitu:

Dari Segi Teknis: Untuk saat ini mungkin masih terdapat beberapa kesulitan dalam melakukan penggabungan perangkat keras dengan perangkat lunak. Setiap sistem yang ada mungkin tidak terdapat kecocokan dalam penggabungan, sehingga membutuhkan usaha lebih dalam memastikan semua komponen mampu beroperasi dengan baik.

Dari Aspek Biaya: Dalam mengimplementasikan BAS juga sangat membutuhkan investasi yang cukup besar, terutama untuk industri maupun perusahaan lain yang mengontrol fasilitas yang luas. Oleh sebab itu, penting juga untuk menganalisis layak tidaknya ekonomi untuk memastikan manfaat jangka panjang BAS tersebut sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Sudah memiliki sebuah Sistem Otomasi: Apabila suatu perusahaan atau industi yang sudah memiliki Sistem Otomasi yang lain, namun ingin menggunakan BAS, itu hanya merugikan sebuah perusahaan maupun industri tersebut.


Dalam beberapa tahun ini, BAS juga telah menjadi topik yang semakin hangat untuk dibahas dalam konteks “Smart Cities” atau Kota Cerdas. Dalam konteks ini melibatkan penggabungan yang lebih lanjut antara BAS dan infrastruktur kota, seperti sistem transportasi dan manajemen limbah. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih efisien, dan berorientasi terhadap kebutuhan Masyarakat.

Dalam menghadapi tantangan ini, pendekatan yang melibatkan pemerintah, Perusahaan, dan masyarakat pun sangat diperlukan. Intensif fiskal dan regulasi yang sangat mendukung dalam penggunaan teknologi ini dapat menjadi langkah awal yang efektif. Bersosialisai dan edukasi juga penting dalam meningkatkan pemahaman tentang manfaat jangka panjang dari BAS itu sendiri.

BAS pun juga telah mandarah daging dalam perubahan industri di Indonesia. Dengan potensinya untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi dampak lingkungan serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan penghuni, BAS sangat berperan penting dalam membangun sebuah bangunan cerdas dan berkelanjutan di Indonesia.

Dengan terus berkembangnya teknologi dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, masa depan BAS di Indonesia terlihat semakin cerah dan berdampak sangat positif terhadap berbagai sektor yang ada di masyarakat.


Informasi Pelayanan BMS:

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *