bas building automation system

Apa Itu Building Automation System (BAS)

Sistem Otomasi Bangunan (Building Automation System/BAS) adalah sistem canggih yang menghubungkan pengelolaan berbagai sistem di dalam sebuah bangunan, termasuk HVAC, pencahayaan, keamanan, dan lainnya. Berperan sebagai kontrol sistem, BAS mengintegrasikan sensor, pengontrol, jaringan komunikasi, dan perangkat lunak untuk mengotomatiskan dan memantau sistem-sistem tersebut, meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan.

Salah satu komponen utama BAS adalah rangkaian sensor yang mengumpulkan data dari lingkungan bangunan. Sensor-sensor ini mengukur parameter seperti suhu, kelembaban, dan okupansi. Pengontrol, yang berfungsi sebagai otak sistem, memproses data ini dan mengeluarkan perintah kepada aktuator, yang mengendalikan berbagai perangkat. Jaringan komunikasi memungkinkan pertukaran data yang lancar antar komponen-komponen ini.

Lalu dengan pengunaan Human Machine Interface (HMI) pada Building Automation System (BAS) merupakan elemen yang dirancang untuk mempermudah interaksi pengguna dengan sistem. Dengan menyediakan antarmuka grafis yang mudah di pahami, HMI memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memantau kondisi bangunan dan mengelola fungsionalitas sistem. Melalui HMI, pengguna dapat secara efektif mengawasi berbagai aspek, mengatur jadwal operasi, dan menyesuaikan parameter sesuai kebutuhan.


Industri yang Disarankan Mengunakan Jasa BAS

Dengan perkembangan Industri dalam jasa pemantauan dan monitoring bangunan, Building Automation System (BAS) menjadi salah satu jasa yang marak dan sedang trend digunakan di era yang canggih ini, dengan penerapan Smart Building ini banyak industri yang mulai membutuhkan jasa ini diantaranya ialah –


Layanan Pemasangan Building Automation Solutions, Klik Disini >>>


Sektor Komersial dan Perkantoran

Industri komersial dan perkantoran mencakup berbagai bangunan, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan pusat hiburan. Penggunaan BAS di sektor ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan energi, meningkatkan kenyamanan penghuni, dan mengelola sistem-sistem seperti HVAC dan pencahayaan.

bas perkantoran

Contoh Bangunan:

  • Gedung perkantoran pusat bisnis.
  • Pusat perbelanjaan dan ritel.
  • Pusat hiburan dan bioskop.

Sektor Industri dan Manufaktur

Pabrik dan fasilitas manufaktur memerlukan kontrol yang ketat terhadap berbagai sistem produksi dan distribusi. Penggunaan BAS dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional, memantau mesin dan sistem produksi, serta mengelola konsumsi energi.

bas pabrik

Contoh Bangunan:

  • Pabrik dan fasilitas manufaktur.
  • Gudang dan pusat distribusi.
  • Fasilitas penyimpanan dan distribusi energi.

Kesehatan, Pendidikan, dan Layanan Publik

Fasilitas kesehatan, pendidikan, dan layanan publik seperti rumah sakit, universitas, dan bandara membutuhkan pengelolaan yang cermat terhadap berbagai sistem untuk memberikan pelayanan yang optimal. BAS digunakan untuk mengendalikan sistem HVAC, keamanan, dan infrastruktur kritis.

bas publik

Contoh Bangunan:

  • Rumah sakit dan fasilitas kesehatan.
  • Kampus universitas dan sekolah.
  • Bandara dan terminal transportasi umum.

Penerapan Building Automation System pada ketiga sektor ini membantu mencapai tujuan spesifik mereka masing-masing, mulai dari efisiensi energi hingga peningkatan kenyamanan dan keamanan.


Informasi Pelayanan Building Management System:

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *