Hardware Pada BMS merupakan komponen yang esensial dalam keseluruhan operasi sistem. Fungsi utama hardware dalam BMS adalah untuk menghubungkan, mengontrol, dan mengelola berbagai aspek operasional bangunan. Salah satu elemen kunci dalam BMS adalah Input/Output (I/O) Modules, yang berfungsi sebagai perantara antara sensor-sensor yang mengukur aspek seperti suhu, kelembaban, dan pergerakan, serta peralatan kontrol seperti sistem HVAC dan pencahayaan. I/O modules mengambil data dari sensor-sensor ini, meneruskannya ke kontroler BMS, dan mengirim perintah kembali ke peralatan untuk mengatur dan mengoptimalkan kondisi dalam bangunan. Hal ini memungkinkan sistem BMS untuk menjalankan perintah yang diberikan berdasarkan informasi yang diterima dari sensor-sensor dengan cepat dan efisien.

Selain itu, hardware seperti hub/switch Ethernet dan gateway protokol juga memegang peran penting dalam menyediakan konektivitas yang diperlukan dalam BMS. Hub/switch Ethernet memungkinkan perangkat BMS untuk terhubung ke jaringan yang lebih luas, memungkinkan pengiriman data ke pusat kontrol atau aplikasi pemantauan. Gateway protokol, di sisi lain, memungkinkan berbagai perangkat dalam sistem yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda untuk berkomunikasi dan beroperasi bersama-sama dalam satu sistem terpadu. Dengan demikian, hardware dalam BMS memberikan dasar bagi pengelolaan bangunan yang cerdas, efisien, dan otomatis, yang memastikan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi energi dalam bangunan.


Jenis Jenis Hardware yang Digunakan pada BMS

Hardware dalam BMS memiliki peran penting dalam pengoperasian sistem secara keseluruhan. Berikut adalah pengertian dan kegunaan hardware secara umum dalam BMS:

Input/Output (I/O) Modules

hardaware pada BMS

I/O modules berfungsi sebagai penghubung antara sensor-sensor dan peralatan kontrol dalam BMS. Mereka mengambil sinyal dari sensor-sensor seperti suhu, kelembaban, pergerakan, dan lainnya, lalu meneruskannya ke kontroler. Kontroler akan menganalisis data ini dan, jika diperlukan, mengirim perintah kembali melalui I/O modules ke aktuator atau peralatan lainnya untuk mengontrol peralatan seperti sistem HVAC, pencahayaan, atau keamanan.


Hub/Switch Ethernet

Hub Switch BMS

Hardware ini digunakan untuk menghubungkan semua perangkat dalam BMS ke jaringan. Ini memungkinkan pengiriman data antara berbagai perangkat dalam sistem BMS dan juga memfasilitasi akses jarak jauh. Dengan koneksi jaringan, data dapat dikirimkan ke pusat kontrol atau ke aplikasi pemantauan yang digunakan oleh petugas BMS.


Gateway Protokol

gateway BMS

Gateway protokol berfungsi sebagai perantara antara perangkat BMS yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda. Mereka menerjemahkan data dari satu protokol ke protokol lain, memungkinkan perangkat dengan protokol yang berbeda untuk berkomunikasi dan beroperasi bersama-sama dalam satu sistem


Kabel dan Konektor

kabel dan konektor BMS

Kabel dan konektor digunakan untuk menghubungkan sensor-sensor ke modul I/O atau peralatan kontrol. Mereka memastikan transmisi data yang andal antara sensor dan sistem BMS. Jenis kabel dan konektor yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan sensor dan peralatan.


Power Supply Unit (PSU)

power supply BMS

PSU menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk sensor-sensor, I/O modules, dan perangkat lain dalam sistem BMS. Ini penting untuk memastikan bahwa perangkat dalam sistem selalu beroperasi dengan daya yang cukup dan stabil.


Relay Panels

relay panel BMS

Relay panels digunakan untuk mengendalikan peralatan listrik seperti pencahayaan, motor, atau peralatan lainnya sesuai dengan perintah dari kontroler BMS. Mereka memungkinkan sistem untuk mengontrol peralatan listrik sesuai kebutuhan dan mengoptimalkan penggunaan energi.


Transmitter/Receiver

trasnmitter dan receiver BMS

Untuk sistem nirkabel atau jaringan mesh, transmitter/receiver digunakan untuk mengirim dan menerima data dari sensor-sensor nirkabel atau peralatan yang terhubung ke sistem BMS. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam pemasangan dan penggunaan sensor-sensor.


Secara keseluruhan, hardware pada BMS memungkinkan sistem untuk mengumpulkan data dari berbagai sensor, mengendalikan peralatan, menghubungkannya ke jaringan, dan memastikan operasi yang efisien dan optimal dalam suatu bangunan. Hardware ini merupakan tulang punggung sistem BMS yang memungkinkan pengelolaan bangunan yang cerdas dan efisien.


Untuk Pelayanan BMS :

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

kunjungi website lain kami : taharicaindonesia.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *