Komponen BMS

BMS memliki rangakaian komponen agar system ini dapat berjalan dengan optimal, tipa tiap komponen ini akan bekerjasama untuk mendapatkan hasil yang sempurna dalam pemantauan sesuai yang di inginkan oleh user, maka pada artikel kali ini saya akan menejelaskan tiap tiap komponen yang terdapat dalam sistem BMS.

Dalam mengoptimalkan operasi bangunan modern,BMS menjadi salah satu komponen kunci. BMS memungkinkan pengawasan dan kontrol yang efisien atas berbagai aspek dalam suatu bangunan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan komponen utama yang terdapat dalam BMS, yaitu sensor, hardware, software, dan kontroler, serta peran masing-masing komponen dalam merancang sistem BMS.

Komponen BMS


Sensor

Sensor BMS

Komponen yang pertama kali mengambil data ialah sensor, sensor adalah komponen pertama yang harus kita perhatikan dalam BMS. Sensor berfungsi sebagai pengumpul data dari lingkungan sekitar bangunan. Mereka dapat mencakup berbagai jenis sensor, seperti sensor suhu, kelembaban, gerakan, dan sensor lainnya. Setiap sensor memiliki peran spesifik dalam pemantauan dan pengukuran parameter tertentu yang memengaruhi kenyamanan dan efisiensi dalam bangunan.

Selain memonitor parameter, sensor juga dapat mendeteksi situasi darurat atau gangguan, seperti kebocoran air atau asap. Data yang dikumpulkan oleh sensor ini digunakan oleh sistem BMS untuk mengambil tindakan yang sesuai.


Layanan Pemasangan Building Automation Solutions, Klik Disini >>>


Hardware

Hardware BMS

Setakah Data diambil oleh sensor data akan diolah oleh hardware sebelum dibaca oleh software dan ditampilkan kepada user menggunakanSoftware Komputer, Hardware merupakan bagian berikutnya dalam sistem BMS. Ini mencakup semua komponen fisik yang diperlukan untuk menjalankan BMS, seperti komputer, server, dan perangkat keras lainnya. Kualitas dan kinerja hardware sangat berpengaruh pada kemampuan sistem BMS dalam mengelola tugas-tugas yang kompleks.

Pemilihan hardware yang tepat penting agar sistem dapat bekerja dengan efisien, cepat, dan dapat diandalkan. Hardware yang kuat mendukung pengolahan data yang akurat dan responsif, yang diperlukan untuk mengendalikan perangkat dan memastikan kenyamanan penghuni bangunan.


Software

Software BMS

Software adalah komponen inti yang mengendalikan BMS. Perangkat lunak BMS mengintegrasikan data yang diterima dari sensor dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol aspek-aspek bangunan dengan efisiensi. Ini mencakup pengaturan jadwal pencahayaan, suhu, dan ventilasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna.

Selain itu, software BMS juga menyediakan laporan dan analisis data yang membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan efisiensi energi bangunan.


Kontroler

Controller BMS

Kontroler adalah komponen yang mengoordinasikan semua perangkat dan komponen dalam sistem BMS. Mereka berfungsi memproses data dari sensor dan perangkat keras, kemudian mengambil tindakan sesuai dengan instruksi yang telah ditetapkan. Kontroler juga berkomunikasi dengan perangkat lain di dalam bangunan, seperti sistem keamanan.

Kemampuan otomatisasi yang dimiliki oleh kontroler BMS membantu mengurangi konsumsi energi dan memastikan penggunaan sumber daya yang lebih efisien.


BMS adalah kunci dalam mengoptimalkan operasi bangunan modern. Sensor, hardware, software, dan kontroler adalah komponen utama dalam sistem ini. Dengan bekerja sama, mereka memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai aspek bangunan dengan efisiensi dan kenyamanan. Dalam rangka mencapai tujuan efisiensi energi dan operasi bangunan yang lebih baik, pemahaman yang mendalam tentang komponen BMS menjadi penting bagi para profesional yang terlibat dalam perancangan dan pengelolaan bangunan yang cerdas dan efisien.


Untuk Pelayanan BMS :

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

kunjungi website lain kami : taharicaindonesia.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *