Universal Testing Machine Double Column

Dalam dunia rekayasa dan pengujian material, terdapat istilah mesin uji universal atau sering juga disebut sebagai UTM. UTM itu sendiri merupakan sebuah perangkat yang sangat vital dan sering digunakan untuk melakukan berbagai jenis pengujian mekanik terhadap material yang berupa balok, kayu, besi, baja, komposit, karet, plastik, dan berbagai bahan material lainnya yang mampu melakukan pengujian tarik, uji lentur, dan juga uji lengkung. Akan tetapi terdapat satu varian UTM yang sangat sering digunakan, yaitu UTM Double Column.


Namun apa sih UTM Double Column itu?

UTM Double Column sendiri merupakan varian yang memiliki dua kolom penyangga. Struktur ini dirancang untuk memberikan sebuah stabilitas dan kekakuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan UTM Single Column. Penggunaan dua kolom tersebut memberikan sebuah kemungkinan untuk mendistribusikan beban yang lebih merata serta mencegah deformasi terhadap mesin selama pengujian, sehingga tercapailah hasil pengujian yang lebih akurat dan konsisten.


Komponen Utama UTM Double Column

Dengan memahami lebih dalam tentang UTM Double Column, berikut penjelasan tentang komponen utamanya:

Rangka Kolom Ganda: Sesuai dengan namanya, UTM Double Column memiliki dua kolom penyangga yang kuat dan juga kokoh. Kolom itu biasanya terbuat dari bahan baja yang berkualitas tinggi untuk memastikan ketahanan dan stabilitas maksimalnya.

Unit Pemacu (Actuator): Bagian ini bertanggung jawab untuk memberikan gaya pada material yang akan diuji. Actuator ini dapat berpua hidrolik atau elektrik, itu bergantung pada jenis mesin yang digunakan.

Load Cell: Ini merupakan sejenis sensor yang digunakan untuk mengukur beban yang nantinya akan diberikan kepada material dengan akurasi yang tinggi

Extensometer: Alat ini berguna untuk mengukur deformasi atau perubahan bentuk pada sebuah material selama pengujian berlangsung

Software Pengontrol: Software tersebut digunakan untuk mengendalikan mesin dan mengumpulkan data-data pengujian. Biasanya ini dilengkapi dengan antarmuka yang user-friendly untuk memastikan dalam kemudahan operasional


Cara Kerja UTM Double Column

Dalam proses pengujian, dimulai dengan melakukan pemasangan material pada mesin. Material tersebut dapat berupa logam, plastik, komposit ataupun material lain yang akan diuji. Setelah terpasangkan dengan benar, mesin diatur untuk melakukan jenis pengujian yang diinginkan, seperti uji tarik dan uji tekan.

Selama proses pengujian, actuator akan memberikan sebuah gaya pada material, sementara load cell akan mengukur beban yang diterapkan. Data ini kemudian dikirim ke software pengontrol yang akan merekam selama proses pengujian. Extensometer akan mencatat deformasi material, memberikan data tambahan yang sangat penting untuk menentukan sifat mekanik material.


Kelebihan dan Kekurangan UTM Double ColumnKelebihan UTM Double Column

Kelebihan:

  • Stabilitas Tinggi: Dengan adanya dua kolom tentunya akan memberiakn stabilitas ekstra, mengurangi kemungkinan deformasi pada mesin, serta memastikan pembagian terhadap beban lebih merata
  • Akurasi dan Konsistensi: Struktur yang kokoh dan memiliki sensor yang canggih memastikan hasil pengujian yang sangat akurat dan konsisten.
  • Kapasitas Beban yang Lebih Tinggi: Dengan adanya dukungan dari dua kolom, mesin ini mampu menangani beban yang lebih besar dibandingkan mesin satu kolom (UTM Single Column)
  • Fleksibilitas Pengujian: Dapat digunakan untuk berbagai jenis pengujian material, dari uji tarik, uji tekan, maupun uji lentur.Kekurangan UTM Double Column

Kekurangan

  • Ukuran dan Berat: Double Column memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat, memerlukan ruang yang lebih luas serta membutuhkan fondasi yang kuat
  • Biaya: Biaya pembelian dan juga perawatan Double Column ini lebih tinggi dibandingkan Single Column.

Penerapan UTM Double Column dalam Industri

Double Column ini sering digunkaan dalam berbagai sektor industri, dimulai dari industri otomotif, aerospace hingga konstuksi. Pada industri otomotif, mesin ini digunakan untuk menguji kekuatan dan ketahanan material yang digunakan dalam pembuatan kendaraan. Dalam industri aerospace, Double Column sering membantu memastikan bahwa material yang digunakan untuk pesawat terbang demi memenuhi standar keamanan dan performa yang ketat. Sementara itu, dalam sektor konstruksi, mesin ini digunakan untuk menguji material bahan bangunan seperti beton dan baja.


UTM Double Column adalah perangkat yang esensial dalam dunia pengujian material. Dengan stabilitas dan akurasi yang tinggi, mesin ini memungkinkan para insinyur dan peneliti untuk mendapatkan data yang sangat akurat dan konsisten tentang sifat mekanik berbagai material. Penggunaannya yang luas di berbagai industri menunjukkan pentingnya alat ini dalam memastikan kualitas dan keamanan produk. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja, kelebihan serta kekurangan Double Column, kita dapat lebih menghargai perannya dalam inovasi dan pengembangan material baru.


Informasi Lebih Lanjut :

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *