Kenapa Harus UTM?

Pada era modern saat sekarang ini, industri-industri banyak melakukan pengujian pada material dalam memastikan kualitas, keamanan dan kinerja produk. Dalam hal ini, UTM hadir sebagai perangkat yang serbaguna untuk membantu dalam mengungkap sifat-sifat mekanis yang ada di berbagai material.

Selanjutnya, UTM sendiri merupakan perangkat untuk menguji sebuah material dalam berbagai industri, serta UTM berperan sebagai kunci pada kualitas produk dan keamanan.


Namun begitu, kenapa sih harus UTM?Why UTM?

Seperti yang kalian ketahui UTM memiliki peran penting dalam proses pengujian material, yang dimana itu bertuiuan untuk mengetahui seberapa batas maksimal kekuatan dari material tersebut. Namun, apa aja sih alasannya kenapa harus UTM? Berikut penjelasannya:

  1. Kualitas yang Tidak Akan Diragukan

Saat ini, UTM memainkan peran penting dalam melakukan pemastian kualitas produk yang dihasilkan oleh berbagai industri yang ada, seperti Konstruksi, Manufaktur, dan industri-industri lainnya.

Dalam hal ini, penggunaan UTM di setiap engineering yang ada dapat menguji kekuatan, elastisitas dari bahan yang digunakan dalam pembuatan produk. Hasil pengujian ini memastikan bahwa tahap akhir dari pengetesan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

  1. Desain yang Sangat Solid

Memahami setiap bahan tertentu yang akan berperilaku dibawah beban sebelum produk tersebut dibuat secara massal itu merupakan suatu hal yang penting. UTM memungkinkan para engineering untuk melakukan identifikasi dimana saja titik lemah dan potensi kegagalan dalam desain.

  1. Sangat Aman Digunakan

Perlu dicari tau dan dipastikan kebenarannya apakah produk ini aman digunakan atau tidak. Dalam industri otomotif, UTM diginakan untuk menguji kekuatan struktural bahan bagian pada kendaraan seperti suspense. Hasil pengujian ini membantu kita untuk memastikan bahwa kendaraan agar memberikan perlindungan yang optimal bagi pengguna.

  1. Efisiensi Proses Produksi

Menggunakan UTM untuk pengujian produksi, produsen dapat melakukan identidikasi letak masalah atau kegagalan potensial yang lebih awal dalam siklus produksi. Sehingga hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah barang cacat serta meningkatkan efisiensi produk secara keseluruhan.

  1. Perbandingan dan Pemantauan Kualitas Berkelanjutan

UTM melakukan perbandingan antar bahan yang berbeda dalam material yang sama. Apabila dilakukannya pengujian secara terus menerus, perusahaan akan memantau kualitas material dari waktu ke waktu yang kemudian akan mendeteksi perubahan dalam karakteristik material yang akan memengaruhi kualitas produk akhir.

  1. Kepatuhan Terhadap Standar Industri

Beberapa industri memiliki standar yang harus dipatuhi agar produknya mampu dijual dipasar internasional. UTM memungkinkan perusahaan untuk menguji material yang sesuai dengan standar dari masing-masing industri


Lantas kenapa harus UTM? Karena UTM merupakan sebuah langkah penting dalam memastikan kualitas, keamanan, serta terbosan baru pada produk. Dengan menyediakan data yang akurat soal kekuatan material, UTM membantu industri untuk memahami dan meningkatkan pergorma material mereka.

Oleh karena itu, dijelaskan pula bahwa UTM bukan hanya alat pengujian biasa, tetapi juga merupakan sebuah modal awal yang strategis bagi industri yang berusaha untuk tetap maju di pasar internasional yang sangat kompetitif


Informasi Lebih Lanjut :

Whatsapp/Mobile Support :
0815-9072-797 (Mrs.Sri)
0812-9595-7914 (Mr.Parmin)

Phone : +62 21 8690 6777
Fax : +62 21 8690 6770
Email : sales@taharica.com
www.taharica.co.id I www.taharica.com

Seorang ahli pada bidang konsultan sipil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *